Minggu, 05 September 2010

DPR APA KERJAAMU???

adegan 1 (setting 1)

            Di sebuah Negara ,bernama Brutal sedang berlangsung pelantikan Ketua dan Anggota DPR mereka ?

Ketua                 : Saya bersedia dan iklas mejadi ketua dan dengan sepenuh hati akan melakukan kewajiban saya., membela dan menyuarakan aspirasi rakyat.

            Selang beberapa hari setelah pelantikan diadakan rapat pertama untuk membahas tentang masalah sengketa tanah antara Pemerintah dan Warga. Yang disisipi masalah lainnya.

Ketua              : Saudara-saudara bagaimana jalan keluar yang baik tentang masalah sengketa tanah ini ? apa ada yang punya usulan ?
Anggota 1       : Jalan keluarnya sih banyak ketua, bisa dari mana saja. Tetapi yang mana yang mau beri kita bonus atau persenan yang besar ?
Anggota 2       : Iya, saya setuju itu, kan kalau ada bonusnya kitakan jadi semangat rapat dan menyelesaikannya .
Ketua              : Iya, benar juga ? kalau dari pemerintah sih dengar-dengar mau ngasih 10 Miliyar, kalau warga saya tidak tau deh.
Anggota 3       : Ah, kalau warga paling bilang DPR benar dan mau memperhatikan rakyat sekaligus ucapan terima kasih saja, terima kasik sih terima kasih tapi kalau gak ada pelicinya sama juga bohong?.
Anggota 2       : Jadi kalau begitu kita menangin pemerintah aja ? urusan warga sih gampang tinggal pemerintah suruh bayar uang ganti rugi kalau gak mau ya buat penyataan tanah palsu aja.
Ketua              : Boleh juga itu, jadinya saya kan bisa ganti HP dan mobil baru dong. Terus masalah uang tunjangan, mobil dan rumah dinas buat kita gimana ?
Anggota 3       : La, itu dia yang harus kita bahas dan kita perjuangkan.
Anggota 1       : Benar, kita kan DPR (Dewan Perwakilan Rakyat), jadi kemakmuran rakyat kita wakilin aja. Kalau Dewanya makmur, Rakyatnya gampanglah. Kan DPR, D nya didepan R nya dibelakang, jadi Dewan dulu yang makmur Rakyatnya belakangan.
Ketua              : sampai disini dulu rapatnya, besok kita lanjud lagi, tapi kalau ada dananya.

adegan 2 (setting 2)
               Setelah 6 bulan menjabat sebagai Dewan terdengarlah kabar miring .

Penyiar            : Selamat siang pemirsa , jumpa lagi dengan saya Rustam Sial lagi dalam Hot News. Kenapa Hot News, karena beritanya juga hot. Sabtu  17 November 2007 inilah berita pertama. Dikabarkan sebuah rumah terbakar habis tadi malam. Penghuni rumah dinyatakan selamat, tapi kebakaran tersebut menelan korban harta dan nyawa, 4 ekor ayam dan 1 bebeknya terbakar. Berita kedua datang dari DPR. Dikabarkan salah satu anggota Dewanya melakukan adekan syur dengan penyanyi dangdut kampung, adekan tersebut terungkap setelah beredanya foto-foto syur mereka. Berikut cuplikanya. Pakar tela-tele matika Roy Narno menyatakan bahwa gambar tersebu adalah asli dan benar. Berikut penyataan Roy Narno seputar gambar tersebut.
Roy Narno      : Ya gambar itu memang benar lihat aja muka-mukanya sama dan tidak ada rekayasa setelah saya bandingkan.
Penyiar            : Itu tadi pernyataan Roy Narno sekaligus menutup ini berita . sampai jumpa lagi dan selamat siang..

adegan 3 (setting 3)

                    Setelah 1 tahun berlalu. Saat anggota dewan jalan-jalan kekomplek pertokoan di jalan Bangsat.

Dewan             : Hallo pak ( sambicara di telepon)
Pengawal         : bos katanya proyek tanah dan tunjangan lancar bos ? terus saya dapat komisi kan bos ?
Dewan             : Oh, tentu saja aja dong. Tenang kan 2 Miliyar , komisi gampanglah. Tapi nih bawa koper , berat bawa 2 M.
Pengawal         : Tapi janji lho bos, jangan seperti kemarin lagi ?
Dewan             : Iya, maklum Dewan hidupkan dari janji-janji. Tapi kalu kali ini saya tidak janji tapi bukti. Tapi itu koper bawa yang benar, hati hati 2miliyar.
Pengawal         : Ini isinya 2 M, ya bos. Boleh ngintip gak bos ?
Dewan             : hus, jangan nanti kalau ada yang liat. Terus kamu nanti kuat gak liat uang 2M ?
Pengawal         : Tenang bos , saya pasti kuat kok ? lagian di sini gak ada orang bos.
Dewan             : Ok deh, tapi dikit aja.
Pencuri            : Wah, ada orang kaya tuh! Bawanya aja koper besar. Kalau gue palak pasti gue dapat makan 3 hari , enak lagi. Kesana ah. Bos minta duit ! ayo serahin harta atau nyawa !
Dewan             : Nih, apa-apaan ? kamu berani ngancep saya, modal apaan lo ? Kayak itu mau nyancem gua. Udah pernah bunuh orang emangnya? Nih gue udah banyak bunuh orang , lo mah, ngerampasnya cemen. Berani lo ama dewan?


Pencuri            : Pak kan Belum makan pak. Maklum pak rakyat kecil buat makan aja susah,kasihani pak?
Dewan             : Nah, kalau begitu kan enak. Ini gue kasih (sambil mengeluarkan uang).
Pencuri            : Lho, kok segini pak ?
Dewan             : Kalau buat kamu segini aja, kan katanya buat makan, cukuplah. Ini kalau buat saya segini nih, karena saya besar, kamu kecil segitu aja (sambil menunjuk tas koper bawaannya). Udah sana pergi !!
Pencuri            : Sialan tuh dewan, pelit amat duit rakyat lo ambil gue Cuma diberi segini? Gue ambil aja itu koper. Mas, saya disuruh pak dewan untuk bawain koper ini, kan kasihan berat.
Pengawal         : Ini mas , tapi hati-hati ini isinya 2 M, tapi sudah saya ambil 1juta buat beli pulsa, pak dewan gak tau bodoh dia mas.
Pencuri            : iya mas saya bawa dulu kopernya ya mas, mari. (sambil membawa lari koper pak Dewan)
Dewan             : Pengawal bawa sini koper gue !
Pengawal         : Kopernya udah dibawa dia (sambil menunjuk pencuri) kan suruh bos dia yang bawa ?
Dewan             : Bodoh itu kan preman tadi, sekarang ngambil koper gue, sialan. Udah sana kejar, bego.
Pengawal         : Sekarang bos, siap! (sambil mengejar itu maling)
Pencuri            : Untung saya bisa lolos, susah amat. Tapi itu dewan lolos dari hukum mudah amat, gak perlu ngeluarin keringat. Emangnya ini koper isinya berapa? Busyet banyak amat, saya 200 ribu aja cukup ini dewan 2M belum cukup. Emangnya mau dimakan semua, perut jin kali ya. Mau malak 50.000 aja sulit, tapi itu dewan korupsi 2M mudah amat. Kalau dipenjara palingan 2 bulan,udah keluar. Kalau saya tertangkap 6 bulan baru keluar itu juga diberi plus tonjokan, kalau tidak warga ya polisi. Lari lagi ah, biar gak ketangkap.
Dewan             : Sialan itu maling cepat banget larinya.
Pengawal         : Bos, tunggu bos !
KPK                : Pak dewan, tunggu pak ! bapak saya cari menghindar terus, capek saya pak.
Dewan             : Siapa kamu, dan mau apa cari saya. Saya lagi sibuk besok aja ?
KPK                : tidak bisa pak, saya dari KPK saya diperintahkan untuk membawa bapak dan memintai keterangan soal tanah dan biaya pengadaan mobil dan lap top.
Dewan             : Oh, dari KPK maaf ya, saya lagi sibuk.
KPK                : Sibuk apa pak ?
Pengawal         : Itu bos, saya lagi ngejar koper yang didalamnya ada uang hasil utak-utik tanah dan anggaran DPR.
KPK                : O, bener pak, berarti bapak harus ikut saya dong !
Dewan             : Anu-anu, kan!
Pengawal         : Anu-anu apaan bos ?
Dewan             : Bodoh, kenapa kamu bilang sama dia? Kacau semua, sial!!
NASKAH DRAMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar