Rabu, 01 September 2010

filosofi

Setiap orang terlahir dengan derajad, kedudukan dan doktrin yang sama. Perbedaan dan sekat yang ada pada manusia adalah seberapa bisa mereka menjadi seorang yang berguna dan mampu menjalankan doktrin tersebut. Orang lain boleh menilai kita tapi sebaiknya kita sendirilah yang menilai kita dengan acuan apakah perbuatan kita berguna atau tidak. Sang maestro pernah berkata “ sekali berarti sudah itu mati “ beliau bukannya berbicara tentang kematian atau rasa menyesalan tapi beliau berbicara apa itu arti kata “ hidup “. Benar, semua orang menganggap hidup perbuatan tapi menurutku hidup adalah sebuah anugrah yang penuh tanggung jawab dan sebuah keyakinan serta rasa iklas untuk memberikan sesuatu yang berarti.

            Biarkan orang lain menghinamu, bukan berarti engkau diam saja menerima semua hinaan itu. tapi jadikan hinaan itu sebuah cambuk untuk lebih baik lagi. Hinaan adalah kritikan dan saran yang paling baik bila engkau menyikapinya dengan bijak. Cara yang pantas dan mulia untuk membalas hinaan itu adalah dengan menunjukkan kepada mereka yang telah menghina bahwa itu bukan aku dan berterima kasihlah pada mereka yang telah menghinamu sertakan senyumanmu saat engkau tunjukan itu.

            Orang pintar bukanlah orang yang tau segalanya, ahli dalam bidang tertentu, juara di segala bidang, hadiah nobel, mendapatkan gelar professor, lulusan terbaik sebuah universitas, itu semua gombal. Orang yang pintar adalah orang yang selalu merasa dirinya belumlah berarti dan selalu bisa menempatkan diri dalam posisi apapun. Orang pintar juga selalu merasa haus akan ilmu bukannya yang puas dengan apa yang telah ia raih dan bangga akan apa yang telah ia capai. Orang pintar akan selau membagi ilmunya itu walaupun itu pada orang yang kurang ia sukai atau saingannya.

            Bersikaplah untuk bisa mengalah. Mengalah adalah suatu sikap yang mulia karena mengalah bisa membuat kita nyaman bila kita bisa mengetahui arti dari sebuah kata mengalah. Mengalah belum tentu kalah dan tak bisa berbuat apa - apa, tapi itu adalah suatu tindakan yang dapat menyenangkan dan memberi kesempatan pada orang lain. Contoh : bila kita sedang di jaili atau bersitegang dengan orang lain berusahalah untuk mengalah. Bila kita mengalah orang tersebut tidak akan berbuat lebih jauh untuk bersitegang. Tapi janganlah mengalah untuk persaingan hidup dan hal yang positif selama itu persaingan sehat dan tidak merugikan dan membahayakan orang lain.

            Berisakaplah sabar dan kendalikan emosi serta diri mu. Janganlah engkau mudah terbawa situasi yang dapat menyebabkanmu emosi atau terpancing. Tenang dan perpikir panajanglah kunci utama. Tidak semua masalah bisa diselesaikan dengan emosi. Pemecahan akan datang bila kita pikir dengan kepala dingin. Dan dengan bersikap sabar kita dapat menghindarkan diri dari perbuatan yang kita tak perlu lakukan.

            Yakinlah pada sesuatu yang benar dan kita yakini. Impikanlah cita-cita mu yang tinggi. Dan berjuanglah dengan keras untuk meraih nya.



            Rasa cinta itu seperti bayangan datang secara tiba-tiba tanpa permisi. Semua bias terkena yang dinamakan cinta. Tapi jangan kau salah artikan cintamu itu. Bila engkau merasa yakin akan cinta yang engkau rasakan , dan engkau tulus mencintai si dia maka perjuangkanlah cintamu itu walaupun halangan dan rintangan menghalanginya. Ini merupakan suatu pesan dari ku bahwa apa lah artinya cinta tanpa pengorbanan, pengorbanan ini yang akan membuat cinta lebih ber arti dan tertanam kuat dalam hati suci kita. Love not sex, but is a pure.
           

           


           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar